Wednesday, January 11, 2012

Liburan Tanpa Kegiatan, No Way!

Apa yang teman-teman pikirkan ketika masa liburan sekolah/kerja tiba? Pasti sesuatu yang menyenangkan bukan? Itu adalah hal yang lumrah dan wajar terjadi. 

Namun, apa yang terjadi jika liburan itu ternyata tidak teman-teman manfaatkan untuk melakukan suatu kegiatan? Atau dengan kata lain, liburan hanya diam di rumah atau melempem di kamar. Hal tersebut tentu saja sangat membosankan, dan banyak menyebabkan beberapa akibat negatif bagi diri sendiri. Berikut beberapa di antaranya yang umumnya saya rasakan jika liburan tanpa kegiatan, dan mungkin itu juga teman-teman rasakan juga, ini dia:
1. Galau

Tentu saja hal ini saya rasakan. Kenapa tidak jika memang melempem terus di dalam kamar. Saat ini saya sedang dalam masa liburan kuliah, namun karena tidak adanya kegiatan akhirnya jadi Galauers juga jadinya. Lalu apa sebenarnya yang mengundang galau itu di saat melempem begini? Menurut saya adalah karena seseorang seperti saya yang melempem dalam kamar ini umumnya pasti akan sendirian, namanya juga melempem, selain itu karena sendirian itu mempengaruhi perasaan seseorang dimana sendiri itu membuat gelisah, gusar, dan akhirnya galau.
2. Stress
Stress akan menjadi hal yang wajar setelah galau, iya bukan?
Galau memang sangat akrab dengan stress, dan memang umumnya setelah galau yang terjadi adalah stress. Stress gara-gara tak ada kegiatan memang sangat besar kemungkinan terjadinya. Karena organ-organ tubuh menjadi pasif, apalagi yang sebelumnya adalah seseorang yang giat/sibuk lalu tiba-tiba tidak melakukan aktivitas, maka organ-organ tubuh akan menjadi stress karena itu bukan kebiasaannya.
3.Sakit Flu
Nah, kenapa saya masukkan flu sebagai salah satu akibat liburan tanpa kegiatan? Karena saya sendiri mengalaminya :D
Tapi, dari segi medis kedokteran hal ini memang wajar saja terjadi. Liburan tanpa kegiatan, tanpa bergerak/beraktivitas sesungguhnya sedang menurunkan imunitas tubuh seseorang. Beraktivitas sehari-hari apalagi pagi dan sore dapat dikategorikan sebagai olahraga yang sudah barang tentu meningkatkan kebugaran dan imunitas tubuh. 
Nah, sekarang teman-teman pasti sudah tahu kenapa flu bisa terjadi karena liburan tanpa kegiatan.

Dari sekian banyak akibatnya, hanya 3 hal di atas yang selalu setia menghinggapi saya jika liburan tanpa kegiatan ini.Sekarang, saya telah "trauma" untuk liburan tanpa satupun kegiatan berarti, saya bertekad untuk menjauhinya. Bagaimana dengan teman-teman?

Jika masih sulit, berikut saya beberkan beberapa kiat-kiat yang sering saya lakukan untuk mengisi liburan:
- Sebulan sebelum masa liburan datang, susunlah rencana liburan yang tentu saja akan bermanfaat sebagai list kegiatan yang akan dilakukan nanti;
- Jika terlanjur belum menyusun rencana, sebaiknya teman-teman tetap menyusun rencana meskipun harus kilat, karena sebaik-baik kegiatan akan terlaksana jika telah terjadwal;
- Memasuki masa liburan, laksanakan rencana itu, usahakan semuanya tercapai. Namun menurut saya, karena telah teman-teman rencanakan maka kemungkinan terlaksana semuanya pasti akan besar;
- Usahakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan waktu aktivitas yang biasanya teman-teman lakukan saat masa kerja/sekolah, karena itu tadi bahwa saraf dan organ tubuh telah terbiasa bekerja saat itu. Hal ini untuk menghindari stress otot dan saraf;
- Saya sarankan agar kegiatan-kegiatan yang teman-teman laksanakan hendaknya memiliki efek reward sebagai pelecut terlaksananya sekaligus memberikan efek psikologis bahagia bagi diri teman-teman;
- Yang terakhir yang perlu teman-teman ingat, implementasikan kegiatan-kegiatan tersebut untuk keakraban dan kebahagiaan bersama keluarga tercinta, karena bagaimanapun aura keluarga harmonis dan bahagia akan menyalurkan energi positif ke dalam diri yang akan berefek pada meningkatnya produktivitas kerja nanti ketika telah masuk kerja/kuliah.

Nah, mudah bukan menghindari yang namanya galau, stress, maupun sakit karena liburan tanpa kegiatan. Teman-teman tinggal mengikuti tips-tips di atas meskipun itu tentu saja relatif dan berbeda-beda bagi masing-masing orang.

Selamat Mencoba dan Happy Holiday.
Terima Kasih




Sumber gambar:



Want more fun? Just do follow me on Twitter: @Fazword

12 komentar:

mohammad zainul irfhan said...

yg lgi liburn,,,
gk mudik,,,
mending main angry birds ma saya....

Fathul Azis Fazword said...

haha...
lumayan ngilangin 3 hal di atas :D

Outbound Malang said...

kalau liburan, dimanfaatkan dengan kegiatan2 yang positif sob..
seperti blogging ini. hehe..
tapi kalo buat refreshing, sekali2 boleh lah coba buat ke tempat2 wisata, outbound, rafting, maupun yg lainnya..
ditunggu kunjungan baliknya sob. thanks, salam persahabatan, happy blogging ;)

Asis Sugianto said...

kalau saya liburannya cukup dudk manis didepan komputer sambil berinternetan ria sobat....

Fathul Fazword said...

@Outbound malang: hehe iya juga sob, internet lancar mendingan ngelancarin blog juga yaah :D

@Asis Sugianto: haha ngeblog ria, chatting, downloading :D

Outbound Malang said...

ahhaha, yep. bener banget sob. menjalin silaturahmi walopun di dumay ya gpp sob. itung2 nambah temen dan wawasan. hehe..
kunjungan lagi dimari sob. happy blogging always :)

Fathul Fazword said...

@Outbound Malang: yapps siip :)

Alfiyān Docchi Sadegàá said...

Nice post... Saya suka dengan post anda, enak dibaca...

Fazword said...

@Alfiyan Docchi Sadegaa: hehehe realita yg sering terjadi :D
thx visitnya

Fazword said...

@Alfiyan Docchi Sadega: heheeh realita siswa, mahasiswa, dan karyawan saat ini :D

thx for visit sob :)

Febriansyah Haq said...

Artikel bagus gan !!!
Tapi kalo saya kok gak flu , malahan sariiawan :D

Fazword Blog said...

@Febriansyah Haq: ckckckck ente lain dari pada yang sama gan :D
kalo ane emang udah didemenin sama flu kali gan ya, paling sering datang tu flu =))
:-o

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))