Friday, November 9, 2012

Bandung Air Show 2012 - Sebuah Cerita, Sebuah Ulasan

00.15 Saturday, 10th November 2012
Bandung Air Show 2012 (BAS 2012) kali ini dilaksanakan pada tanggal 27 September 2012 bertepatan dengan memperingati hari ulang tahun kota Bandung ke 202 yang jatuh pada tanggal 25 September 2012. Acara ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 27 s/d 30 September 2012. Dilaksanakan di Lanud Husein Satranegara, Bandung.

Bandung Air Show tahun 2012 ini merupakan kali kedua terlaksananya program Bandung Air Show, setelah sebelumnya dilaksanakan tahun 2010 silam.Bedanya, tahun ini dipastikan lebih ramai berhubung jumlah peserta yang semakin banyak, sehingga membuat panitia optimis akan lebih baik dari edisi sebelumnya.
Bandung Air Show 2012 akan mempertontonkan dua jenis show, yaitu Static show (pameran aircraft dan alutsista) dan Dinamic Show (Aerobatic, Fly fast, atraksi pesawat). Keduanya tentu saja sangat menarik bagi pecinta Aviasi, termasuk saya. Menjadi salah satu momen berharga untuk menambah pengetahuan bidang Aviasi.
Dalam posting blog kali ini, saya akan menulis ulasan mengenai Bandung Air Show 2012, dimana saya mengunjunginya pada hari kedua.

Bandung Air Show 2012 dilaksanakan mulai pagi sekitar pukul 08.30 sampai pukul 5 sore, kecuali hari Sabtu (day 3) sampai pukul 22.00 (estimated). 
Pada hari pertama, Bandung Air Show dibuka bersamaan dengan mendaratnya tiga pesawat tempur Hawk-200 dari Skuadron 12 Rusmin Nuryadin Pekanbaru di Bandara Husein. Ketiga pesawat tempur tersebut mendarat sekitar pukul 09.15 wib. Selain pendaratan Hawk-200 diatas, hari pembukaan Bandung Air Show 2012 juga diwarnai dengan atraksi dari Heli Colibri yang melakukan terbang rendah dan berbaris layaknya pasukan tentara berbaris rapi.

Heli Colibri berbaris, photo Day 2

Sementara itu, untuk dinamic show lainnya diwarnai oleh aerobatik pesawat, aeromodeling seperti Terjun Payung, atraksi helicopter, dll.
Sedangkan, Static Show dimeriahkan dengan dipamerkannya pesawat-pesawat dan alutsista TNI AU di arena BAS 2012. Beberapa diantaranya juga merupakan pesawat luar negeri yang turut serta menjadi peserta, seperti dari Malaysia, Australia, USA, Selandia Baru, Singapore, dan Filipina.
Hercules milik TNI AU
Jejeran pesawat peserta dari luar negeri

Di arena Bandung Air Show 2012, juga terdapat sebuah pesawat milik maskapai Lion Air yang sepertinya memang juga ikut dipamerkan. Pesawat Boeing 737-800 NG bernomor registrasi PK-LJY tersebut diparkir tepat di depan arena utama pengunjung BAS sehingga membuat pengunjung leluasa melihat dan mengambil gambar pesawat tersebut.

Lion Air B737-800 PK-LJY
Static Show dan Dinamic Show tersebut dilaksanakan setiap hari pelaksanaan Bandung Air Show 2012 dengan jadwal yang telah ditetapkan. 
Tambahan informasi, meskipun ada kegiatan Bandung Air Show di Bandara Husein, yang notabene juga merupakan bandara sipil, aktivitas penerbangan sipil tetap berjalan lancar seperti biasanya, karena jadwal show telah diatur sedemikian rupa oleh petugas.
A320 AirAsia Landing

Wings Air ATR72-500 final approaching
Lion Air B737-800 Heading to Apron
Silk Air A319 Taxiing
Akan ada rasa kekurangan mengunjungi suatu acara kalau sampai kelewatan foto-foto :D
Guess Which one is me?
Dari pantauan kunjungan hari kedua itu, saya dapati begitu padatnya warga yang mengunjungi arena Bandung Air Show 2012. Tingginya animo masyarakat sudah terlihat sejak pembelian tiket yang harus antri panjang, dan di dalam arena juga ramai sekali pengunjung. Maka, semboyan acara Bandung Air Show 2012 yang berbunyi: "Berjaya di Dirgantara" bisa dengan mudah terwujud bagi kota Bandung yang ingin kembali menjadi pusat dirgantara nasional, setidaknya dari segi dukungan masyarakat Bandung sendiri.
Crowd di depan pintu masuk arena pameran
Di penutupan acara hari terakhir, Bandung Air Show dicanangkan sebagai agenda rutin dua tahunan kota Bandung, artinya akan dilaksanakan lagi nanti tahun 2014.
Sampai jumpa di Bandung Air Show 2014.

Sekian ulasan singkat saya mengenai Bandung Air Show 2012. Jika ada kekurangan, saya minta maaf. Sangat terbuka untuk menerima saran.

Postingan ini berlanjut ke versi video, ditunggu ya :)

Terima kasih
Salam hangat




============================================================================

Untuk info lebih seru, cek twitter: @Fazword
Klik Gambar untuk memperbesar

1 komentar:

Anonymous said...

bikin kepengen ke BAS 2014 gan :)
nice report deh

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))