Wednesday, November 9, 2011

Cara Membuat Daftar Isi, Daftar Tabel dan Gambar, serta Daftar Pustaka Secara Otomatis pada Ms. Word

Kali ini kita akan berbicara tentang dunia IT, khususnya yang menyangkut Aplikasi dalam dunia perkantoran Microsoft Office Word. Bagian pembahasan kita kali ini adalah mengenai bagaimana membuat daftar isi, daftar tabel dan gambar, serta daftar pustaka secara otomatis pada Microsoft Office Word 2007.

1. Membuat Daftar Isi
Langkah-langkah:
- Ketikkan dulu seluruh dokumen yang ada
- Setelah pengetikan selesai, atur heading (menu heading ada di ribbon Home)pada masing-masing judul bab dan judul subbab I, II, dst. Pengaturan heading di sini harus berbeda antara judul dengan sub judul namun konsisten pada sesama jenis, misal: untuk judul bab kita menggunakan tipe heading 1, maka untuk semua judul bab harus pula menggunakan heading 1, sedangkan untuk sub judul gunakanlah heading yang berbeda namun tetap sama untuk sub judul yang setingkat.
- Jika semua judul dan subjudul telah diberi heading, maka aturlah posisi kursor di mana tempat pertama penulisan daftar isi.
- Kemudian pilih references pada ribbon, lalu klik menu Table of Contents dan pilih style dari daftar isi yang Anda inginkan
- Selesai

2. Membuat Daftar Tabel dan Daftar Gambar
Langkah-langkah:
- Tabel atau gambar yang ada pada dokumen perlu Anda berikan Caption/label terlebih dahulu, caranya adalah klik menu references lalu pilih menu Insert caption.. atur posisi label yang ada (misal Figure atau Table), jika belum ada label yang sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa membuatnya melalui New Label yang ada pada menu Insert Caption tadi.
- Labeli tabel atau gambar Anda
- Jika sudah memiliki label, maka Anda perlu mengatur posisi kursor dimana penulisan Daftar Tabel atau Gambar Anda dimulai
- Pergi lagi ke menu References dan pilih Insert Table of Figures, lalu Anda perlu menyesuaikan label apa yang akan dibuat daftarnya, apakah Figure (gambar) atau Table (tabel)
- Selesai

3. Membuat Daftar Pustaka
Langkah-langkah:
- Pertama Anda perlu membuat kutipan pada dokumen => posisikan kursor pada posisi dimana kutipan akan dibuat, lalu pilih menu References => lalu menu Insert Citation, pilih tipe referensi (misal buku, website, dll),lengkapi semua data yang perlu diisikan, jika sudah maka klik OK dan kutipan Anda telah jadi.
- Jika kutipan telah jadi, maka Anda tinggal menempatkan kursor dimana Daftar Pustaka akan mulai ditulis, lalu ke menu References dan pilih Bibliography
- Selesailah kutipan dan daftar pustaka pada dokumen Anda.



Sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.


Wassalam

5 komentar:

Tom Tom said...

asekkkkkk manstabbb terusjan akang fazzzz

Fathul Azis said...

cye cye okelah boy

Obat Kencing Manis said...

terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang cara membuat daftar isi daftar tabel... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

Fathul Azis said...

aamiin, sama sama sob :)

yheti aprillia said...

thanks infonya

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))