Monday, April 22, 2013

Salam Fazword

Setiap Kejadian Dalam Hidup Memiliki Makna
Over The Coastal Line of Gulf of Thailand
Setelah lama berjuang, akhirnya datang juga kesempatan merasakan pengalaman bepergian ke luar negeri itu. Ya, 2-5 April 2013 Saya berkunjung ke Bangkok dalam rangka tugas dinas kampus saya, Politeknik Telkom. Dalam kesempatan pertama ini, Saya ke Bangkok bersama sembilan orang teman dan lima orang dosen pembimbing. Total tim ini berjumlah 15 orang. Untuk transportasi Indonesia - Bangkok PP, kami telah dibelikan tiket Mandala Air oleh kampus.

Flight Details:

Flight Number: RI900
Origin: Jakarta, Soekarno Hatta International Airport (CGK)
Destination: Bangkok, Suvarnabhumi International Airport (BKK)
Fleet: Airbus A320-200 PK-RMO
Date: Tuesday, 2 April 2013
Takeoff: 7.00 AM (Scheduled)
Landing: 10.20 AM (Scheduled)
Seat: 27A

Tanggal 2 April, jam 1 pagi kami sudah meninggalkan Bandung menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang, Banten. Perjalanan dengan kendaraan travel memakan waktu kurang lebih 3 jam sampai di terminal 3 Soekarno Hatta. Pukul 5 pagi, check in counter Mandala tujuan ke Bangkok telah dibuka. Kami 15 orang langsung check-in bersama. Pada check-in kali ini, Saya tidak melakukan request seat, tapi surprisingly saya dapat kursi nomor 27 A (window seat.. hehe) kesukaan para spotter.

Check-in counter T3
Pagi itu, terminal 3 keberangkatan internasional masih tidak terlalu dipadati penumpang. Jika saya tidak salah, hanya ada dua international flight pagi itu yakni Jakarta - Kuala Lumpur dan penerbangan kami ke Bangkok. Alhasil, ketika di pintu imigrasi, tidak terjadi antrian yang lama. Proses keimigrasian berjaan lancar dan secara resmi, paspor baru saya telah mendapatkan stempel pertamanya.. hehehe...

My Boarding Pass and Pasport

Selesai dari pemeriksaan imigrasi, kami langsung menuju ke ruang tunggu setelah sebelumnya melewati pemeriksaan terakhir. Di sini, segala cairan dan gel termasuk air minum yang volumenya lebih dari 100ml wajib ditinggalkan dan tidak boleh dibawa masuk. Banyak penumpang yang akhirnya "terpaksa" menghabiskan semua air minumnya walaupun masih banyak (biar gak sia-sia mungkin hehe) daripada harus dibuang begitu saja. Selain itu, jika memakai ikat pinggang yang berkepala besi, maka wajib dilepas dan dilewatkan pada pemeriksaan X-Ray Scanner. Pemeriksaan penumpang penerbangan internasional lebih ketat dari penerbangan lokal.

Berhasil tiba di ruang tunggu kurang lebih setengah jam sebelum keberangkatan, bisa kami manfaatkan untuk melihat-lihat sekitar dan berfoto-foto. Lumayan nampak pemandangan terminal 2 dari sini. Selain itu, ruang tunggu Terminal 3 yang merupakan Eco-Friendly designed building juga sangat bagus dan nyaman.

Waiting Room of T3 Soekarno Hatta Airport
Sekitar jam 7 kurang 15 menit, Boarding Call penumpang Mandala Air tujuan Bangkok diumumkan. Keluar dari terminal 3, kami telah ditunggu oleh bus Mandala Air yang akan membawa kami ke pesawat yang berada di apron utara terminal 3. Selama perjalanan di bis, Saya melihat pesawat AirAsia dengan livery WOW dan pesawat-pesawat penghuni terminal 3 lainnya.

Two Indonesia AirAsia Fleet
Indonesia AirAsia A320

Lion Air B737-900 ER

Proses Boarding berlangsung lumayan lama, karena pesawat yang full house. Sepertinya Mandala mulai berkuasa di rute ini karena memang satu-satunya maskapai Low Cost yang melayani rute Jakarta - Bangkok (bandara Suvarnabhumi) selain AirAsia yang melalui bandara Don Mueang di Bangkok. Selama boarding, kesempatan lagi untuk spotting.

Another Mandala Air Fleet

Singapore Airline landed

Indonesia AirAsia Fleet and China Southern Airline landed

AirAsia WOW Livery takeoff

Setelah proses boarding selesai dan pintu pesawat ditutup, Cabin Crews mulai memperagakan safety demo kepada penumpang. Kemudian, kurang lebih pukul 7 pagi itu, pesawat mulai push back kemudian taxiing ke runway. Setelah menunggu dua pesawat yang landing, akhirnya pesawat kami Clearance for Takeoff. Pesawat kemudian takeoff dengan mulus dan langsung berputar ke arah utara untuk mencapai ketinggian dan arah yang tepat menuju Bangkok.

Selama penerbangan, tidak banyak yang dapat kami lakukan karena memang fasilitas yang tersedia, ya maskapai Low Cost lah. Yang ada adalah inflight magazine yang dapat kami bolak balik sambil sesekali mengambil momen indah di udara waktu itu. Dalam penerbangan ini, Cabin Crews Mandala Air menyediakan inflight meal and merchandise sale. Harga barang telah tertera di inflight snack menu yang ada di masing-masing kursi.

Inflight Magazine

Seat Leg Room
Sight Over Java Sea

Sight Over the sea

Tidak terasa, 3 jam lebih sudah penerbangan dan kami hampir mendarat di Bangkok. Pramugari kembali mengingatkan safety advice untuk persiapan landing. Mendarat di Bangkok untuk pertama kalinya langsung di Bandara Suvarnabhumi, salah satu bandara tersibuk di Asia. Bandara ini sangat megah dan seperti menyambut kedatangan dengan keramahan di Land of Smile, Thailand. Alhamdulillah touch down Bangkok dengan selamat. Selamat Datang di Bangkok.

AirFrance Taxiing in BKK

Thai Airways Fleet

Turkish Airline A330, beside it is our fleet's parking area

Selain foto-foto di atas, teman-teman dapat melihat flight report ini dalam bentuk video pada video berikut: